Bagaimana Caranya Menghafal Sesuatu Dengan Cepat ?



Sebenarnya, Apa itu menghafal cepat ?

Menghafal Cepat” adalah cara khusus untu menghafal sesuatu dengan dalam waktu sesingkat-singkatnya. Tapi, metode ini bukan sembarang metode. Kenapa ? Karena, jika tanpa latihan sebelumnya, maka akan sangat sulit untuk melakukan ini !!

Apa Fungsi Metode Ini Dalam Kehidupan Sehari-hari ?

Mungkin, pada saat Kamu mempelajari teknik “Menghafal Cepat” ini, Kamu akan merasa metode ini tidak berguna. Pada awalnya, Saya juga berpikir begitu !! Tapi, setelah metode ini saya pelajari secara seksama, kegunaannya sangat terasa. Apa itu ?
  1. Dalam “Menghafal” sesuatu, seperti angka, pelajaran, dan segala sesuatu tentang menghafal akan menjadi sangat cepat ( 20 Kata hanya dalam 1 Menit ), itupun hanya standar. Jika, Kamu sudah Pro nantinya, bahkan dalam 1 Menit bisa Menghafal  50 Kata.
  2. Dengan metode “Menghafal Cepat”, disadari atau tanpa disadari Daya Imajinasi Kamu akana meningkat pesat. Saya pun baru menyadarinya akhir-akhir ini. Dengan teknik ini, saat saya baru pertama belajar main Catur, hanya dalam 2 Hari, Saya sudah bisa mengalahkan semua guru-guru Saya yang ada di sekolah. Woww !!
  3.  Dengan “Kemampuan Menghafal Cepat” ini juga membuat hidup saya menjadi lebih mudah. Segala sesuatunya sangat jarang saya mencatat sesuatu. Saya hanya mengkombinasikan ingatan dengan penglihatan serta pendengaran dan Hasilnya, Woww!! Bahkan dengan cara ini, saya menghafal seluruh Pembahasan Materi SKL (Kisi-Kisi) Ujian Nasional SMP, Mata Pelajaran IPA dan Matematika, hanya dalam 3 Hari. Woww !! 80 Lingkup Materi hanya dalam 3 Hari, tanpa mencatat.
  4. Dengan “Menghafal Cepat”, IQ anda akan meningkat sangat pesat. Saya mempelajari metode ini hanya dalam 3 Hari dan minggu berikutnya saya melakukan IQ Test. IQ saya yang minggu sebelumnya hanya 100 menjadi 135. Meningkat pesat bukan ??
  5.  Dan masih banyak lagi !!
Bagaimana Cara Melakukannya (Menghafal Cepat) ?

Caranya sangat mudah, yaitu dengan “Menghafal” inti-inti  sari dari kalimat-kalimat itu. Apa maksudnya ? Maksudnya ialah anda hanya perlu mencari keyword alias kata kunci dari kalimat-kalimat tersebut. Misalnya anda sedang membicarakan tentang Merokok, berarti kata-kata yang perlu anda hafal hanya kalian pisahkan menjadi 3, yaitu:
  • Awal Kalimat, terdiri dari 1 atau 2 kata di awal kalimat tersebut, karena biasanya Kamu kalau sudah mengetahui awalnya maka selanjutnya akan dipastikan hafalannya akan menjadi lancer
  • Keyword-Keyword ( Kumpulan Kata Kunci Kalimat Tersebut ), misalnya anda sedang membicarakan tentang Korupsi, maka yang perlu anda hafal dengan baik ialah Siapa Koruptornya ?, Berapa Kerugian Yang Diakibatkan Oleh Korupsi Yang Dia Perbuat ?, Dll. Yang bersangkutan dengan topik atau pokok bahasan yang Kamu bicarakan.
  • Kalimat-Kalimat Pembantu, ialah kata-kata pembantu alias tidak terlalu penting.  Kata-kata itu seperti Dengan, atau, dan, apa, kamu, dll. yang biasa dan sering kita sebut dalam kehidupan sehari-hari.
Itulah 3 pengelompakan kata untuk melakukan teknik rahasia “Menghafal Cepat”. Ingatlah, lakukanlah ini setiap hari dan Kamu akan menguasainya hanya dalam beberapa hari. Kamu bisa karena biasa. Jadi, jika ingin menjadi Pro dalam kegiatan ini kalian juga tentuna harus terus-menerus latihan. Oke ?? Namun, tentunya kalian pasti menginginkan sebuah contoh bukan ??

Contoh Menggunakan Metode Menghafal Cepat Dalam Menghafal Sebuah Teks

Contoh Teksnya adalah:

Kerja Sama Multirateral ada empat macam, yaitu:


  1. 1.       Kerja Sama Regional
  1. Adalah kerja sama antar Negara dalam satu kawasan. Contoh: ASEAN, MEE dan lain-lain.

  1. 2.       Kerja Sama Subregional
  1. Adalah kerja sama yang dilakukan oleh antar Negara dalam satu subkawasan. Contoh: Kerja Sama Belanda, Belgia, dan Luxemburg atau disingkat Benelux.

  1. 3.       Kerja Sama Antarregional
  1. Adalah kerja sama antar beberapa Negara di satu kawasan dan beberapa Negara di kawasan lain. Contoh: Uni Eropa bekerja sama dengan ASEAN.

  1. 4.       Kerja Sama Internasional
  1. Adalah kerja sama antara Negara-negara di dunia dan tidak terbatas pada satu kawasan. Contoh: IMF, ILO, OPEC, dan lain-lain.



Cukup itu saja yang perlu kamu hafal, dan selebihnya hanyalah kata-kata pelengkap yang perlu Kamu ubah seusai dengan kata-katamu sendiri. Mudah kann ? Hanya dengan latihan yang bisa membuatmu terbiasa dengan hal-hal ini. Oke ??


Sekian saja dari Saya. Terima Kasih.



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bagaimana Caranya Menghafal Sesuatu Dengan Cepat ?"

Post a Comment