Bagaimana Cara Biar Sobat Rajin Baca Buku

Sobat tipe orang yang tidak suka membaca buku? Atau anak sobat yang malas membaca? Mau tahu caranya biar sobat atau anak sobat bisa rajin baca buku? Lihat ini.

Dengan rajin membaca buku, kalian bisa memenuhi isi otak kalian dan tidak perlu susah-susah mencari guru. Tapi, sampai sekarang masih banyak orang yang malas membaca buku. Banyak yang mengira membaca itu susah, padahal sangat mudah. – Wikihow Indonesia

Cara Rajin Baca Buku
Cara Rajin Baca Buku
 Berikut beberapa cara agar kalian menjadi mudah dan lebih giat membaca buku.

        Tahap Awal: Memulai Membaca Buku

1.     Pilihlah Buku dengan Bijak

Tidak semua buku layak untuk sobat baca. Sobat harus memilih dengan hati-hati dalam memilih buku. Bacalah buku yang memiliki konten yang baik dan isi yang informatif. Karena survey membuktikan bahwa, membaca terlalu banyak macam-macam buku bisa membuat sobat jadi benci membaca. 

2.     Pilih Buku yang Menarik

Untuk tahap awal, bacalah buku yang menurut sobat menarik. Pilihlah sesuai dengan hobi sobat. Nanti setelah sobat perlahan-lahan mulai menyukai membaca, barulah sobat membaca bacaan lainnya. 

Sebagai contoh: Jika sobat pecinta sepakbola atau fashionista, sobat bisa mulai membaca buku mengenai sejarah sepak bola atau yang berhubungan dengan tips-tips make up.

3.     Tahu Manfaat Membaca Buku

Setelah sobat memilih buku, sobat harus tahu dulu manfaat membaca, supaya sobat lebih bersemangat.

Dengan membaca, sobat bisa mendapatkan wawasan yang lebih luas. Dengan itu, sobat bisa mendapat peluang kerja lebih besar dengan sering membaca. Yang artinya, sobat bisa mendapatkan uang dengan membaca.

Sebenarnya masih banyak lagi manfaat membaca buku. Untuk sekarang ini dulu yang saya kasih. Silahkan sobat pikir sendiri kira-kira apa manfaat membaca yang lain.


Membuat Sobat Rajin Membaca Buku

4.     Berikan Komitmen untuk Diri Sobat

Untuk menjadi rajin membaca, tanamkan dulu dalam diri sobat bahwa membaca itu mnyenangkan. Singkirkan semua pikiran sobat kalau membaca itu susah atau membosankan.

5.     Sobat Harus Membaca secara Perlahan-lahan

Kebiasaan sobat sekarang hanya fokus melihat akhir cerita. Itu adalah kebiasaan buruk. Asal sobat tahu, membaca itu bukan sekedar menamatkan buku.

Membaca itu lebih kepada pengalaman, progress, dan perjalanan untuk meraih sesuatu. Tidak heran kalau banyak orang yang sekarang lebih menyukai jalan instan.

Jadi, agar sobat bisa memetik pelajaran dari apa yang sobat baca, cobalah membaca dengan perlahan-lahan. Semakin banyak pelajaran yang sobat petik, maka semakin rajin pula sobat dalam membaca buku.

6.     Gambarkan Apa yang Sobat Baca dalam Pikiran

Untuk membuat sobat lebih mudah membaca, cobalah dengan menggunakan imajinasi sobat, baik itu tempat, orang maupun kejadian dalam buku itu.

Dengan begitu, sobat akan lebih menyukai membaca dan menjadi rajin membaca buku.


7.     Masuklah dalam Buku yang Sobat Baca

Sobat bisa berkhayal bahwa sobat adalah karakter dalam buku itu. Sebagai contoh, kira-kira bagaimana watak sobat dalam buku itu? Atau apa yang akan sobat lakukan jika berada di situasi yang sama dengan buku?

Selain itu, sobat juga bisa berkhayal mengenai apa yang akan terjadi setelah sobat membaca buku itu. Sebagai contoh, apakah sobat akan melakukan sesuatu yang diajarkan buku? Atau apa yang akan sobat lakukan agar sukses seperti orang dalam buku yang sobat baca?

Dengan melakukan kedua hal di atas, sobat akan lebih merasa senang dan tentu saja membuat sobat menjadi rajin membaca buku.

8.     Prediksikan Apa yang Akan Terjadi Berikutnya

Dengan cara ini sobat bisa menjadi lebih merasa senang dalam membaca buku. Setelah memprediksikan, maka sobat akan penasaran apakah sobat benar, atau sebaliknya. Nah, rasa penasaran itulah yang membuat sobat menjadi lebih giat membaca.

9.     Tumbuhkan Antusiasme dalam Membaca Buku

Setelah melakukan semua yang saya sarankan di atas, sobat tinggal menumbuhkan antusiasme sobat dalam membaca buku. Sehingga, meskipun sobat nantinya membaca buku yang tidak sesuai dengan hobi sobat, sobat tetap tertarik membaca buku itu.

Cara Biar Rajin Baca Buku
Cara Biar Rajin Baca Buku
Nah, mungkin segitu dulu yang bisa saya berikan untuk sobat mengenai Cara Biar Rajin Baca Buku. Sobat juga bisa mempraktekkan ini untuk anak sobat agar lebih tekun belajar. Sampai jumpa pada artikel berikutnya..

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Bagaimana Cara Biar Sobat Rajin Baca Buku"